Download! Download eBook tingkat SMP, SMA, & SMK

Animasi Kimia: Materi Asam Basa

Advertisement

Standar Kompetensi Materi Asam Basa

  1. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. (SMA)
  2. Memahami perkembangan konsep reaksi kimia (SMK)

Kompetisi Dasar Materi Asam Basa

  1. Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.(SMA)
  2. Mendeskripsikan pengertian umum reaksi kimia. (SMK)

Indikator Materi Asam Basa

  1. Menjelaskan pengertian asam basa menurut Arrhenius
  2. Mengukur pH asam/basa kuat maupun lemah yang mempunyai harga konsentrasi sama
  3. Menyimpulkan hubungan antara besarnya harga pH terhadap kekuatan asam basa
  4. Menghubungkan kekuatan asam basa dengan derajat ionisasi dan tetapan kesetimbangan ionisasinya
  5. Menghitung pH (derajat keasaman) asam basa dengan data konsentrasinya
  6. Mengamati trayek perubahan warna berbagai indikator asam basa dan memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak di kenal

Baca juga:

Deskrispsi Singkat tentang Materi Asam Basa

Asam basa merupakan suatu karakteristik/sifat setiap zat yang dilarutkan dalam suatu pelarut (kebanyakan pelarut air). Ada tiga teori yang menjelaskan tentang teori asam basa, yaitu teori asam basa Arrhenius, teori asam basa Bronsted Lowry, dan teori asam basa Lewis. Semua menjelaskan dengan cara yang berbeda. Untuk materi kali ini, hanya akan disajikan tentang teori asam basa Arrhenius

Adapun materi yang dipaparkan melalui animasi di bawah ini mencakup berbagai sub pokok materi, diantaranya:

  1. Teori Asam Basa
  2. Indikator Asam Basa
  3. Kekuatan Asam Basa
  4. pH Larutan Asam Basa
  5. Menentukan Trayek pH Larutan
  6. Titrasi Asam Basa

Penasaran? Silakan mainkan video flash di bawah ini. Download materi asam basa lebih lengkap? Klik di sini.


Khusus untuk sub materi kekuatan asam basa, dapat di lihat video berikut ini.


Lihat video animasi pembelajaran kimia lainnya, klik di sini. Anda juga dapat mendownload Animasi Kimia: Materi Asam Basa dengan mengklik di sini.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
15 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Yahya Doank
7 years ago

salam sukses sob

Ilmu Kimia
7 years ago

lengkap sekali materi asam basa.

salam.

Rino Safrizal
9 years ago

@ Tama011: Bukan maniak gan, mo posting yg lain kaga ngerti nie. :))
@ Ajee: Terima kasih mas, segera ke TKP. 😀

ajee
9 years ago

wahhh … Ilmu yng bbermanfaat banget nihh…..

hayoo-ngeblog.blogspot.com

Tama011
9 years ago

wah,,admin maniak kimia nih,,semangat bro..salam blogger.

Rino Safrizal
9 years ago

@ Intermediary Blog: Terima kasih sob atas supportnya 😀
@ Pemalang: Wah bisa aja gan, cuma berbagi materi aja di sini gan. 😀

Pemalang
9 years ago

Adminnya pasti Dosen nih yaa? ;))

Intermediary Blog
9 years ago

Sukses sob ngblog kimianya

Rino Safrizal
9 years ago

@ Zaenal Blog: Silakan gan, terima kasih telah membuat blog ini menjadi bermanfaat. 😀
@ Igun Sukasuka: Menyajikan teori aja di sini gan, terima kasih supportnya gan. 😀

igun sukasuka
9 years ago

bisa bikin bom atom ni 😀

SAKSES SELALU SOB,,, ARTIKEL NYA BERMANFAAT…

zaenal blog
9 years ago

Waduh…….
dah lupa smua nih pelajaran KIMIA,
dulu S1 nya jurusan Comparativ Religion,
S2nya Teknologi Pendidikan,
jadi gak pernah belajar kimia lagi nih,
mau belajar banyak disini deh….,

Persada Blog
9 years ago

waduuuhhh kalo soal kimia ampun aq, dulu wktu sekolah aq sering cabut kalo pljrn kimia… hahhahaaaaaa

Dhani oktaviar
9 years ago

ijin sedot gan……..

Rino Safrizal
9 years ago

@ Sentuhan ajaib pasutri: Betul sekali gan, terima kasih atas kunjungannya. =))

sentuhan ajaib pasutri
9 years ago

mmmhh special materi kimia ya? H2SO4