Baca Selengkapnya..Panduan Belajar HTML untuk Pemula

Memperbaiki Black Screen pada SimpleScreenRecorder di Debian 11

SimpleScreenRecorder atau disingkat dengan SSR merupakan salah satu tool yang terdapat pada Linux. Dari namanya kita sudah tau bahwa tool satu ini berfungsi sebagai perekam layar desktop yang populer di kalangan pengguna Linux. Selain ringan, tool SSR ini sangat mudah digunakan bagi user pemula.

Tools SSR tersedia dalam berbagai paket manajer diantara Debian dan Arch based. SSR dapat diperoleh dengan mengunduhnya melalui add/remove software yang terdapat pada distro Linux turunan di atas. Selain itu, SSR juga disematkan pada tool screenshoot desktop seperti Gwen, tinggal klik install untuk mendapatkan aplikasi ini.

Saat menggunakan tools SSR di lingkungan desktop KDE baik pada Debian maupun Arch based tidak mengalami kendala maupun masalah. Beda halnya pada saat kita menginstall tools satu ini pada desktop environment Gnome seperti Debian 11, masalah ini muncul pada saat pertama kali mengklik icon SSR dengan pesan error “You are using a non-X11 window system …” seperti di bawah ini.

black screen pada SSR Debian 11

Jika coba digunakan akan menghasilkan tangkapan layar hitam (black screen), yang muncul hanya pergerakan kursor seperti tampak pada preview berikut:

black screen pada SSR Debian 11

Penyebab dari permasalahan ini dikarenakan Debian 11 (dengan gdm3) secara default menggunakan Wayland bukan Xorg, sedangkan tools SSR ini dibuat untuk X11/Xorg sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan server Wayland. Hal ini menyebabkan tangkapan layar menjadi warna hitam atau black screen.

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat merubah konfigurasi daemon.conf yang terdapat pada direktori /etc/gdm3.

Hilangkan tanda komentar (#) pada baris “WaylandEnable=false” sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini.

black screen pada SSR Debian 11

Restart Debian lalu jalankan kembali tools SimpleScreenRecorder, pastikan pada bagian preview tidak black screen lagi.

black screen pada SSR Debian 11

Alternatif penggunaan fungsi rekam layar yang dapat berjalan di lingkungan desktop GNOME tanpa mengubah pengaturan di atas adalah kita bisa mencoba tools EasyScreenCast yang dapat diunduh melalui laman ekstensi gnome.org atau dengan mengklik langsung di sini.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Wifi Adapter Tidak Terdeteksi pada Debian 11
Install easyscreencast di Debian

Klik tombol ON lanjutkan dengan klik Install extensions. Tools EasyScreenCast juga dapat di install langsung melalui terminal Debian dengan perintah:

Install easyscreencast di Debian

Demikian panduan singkat cara memperbaiki black screen SimpleScreenRecorder di Debian 11, semoga dapat membantu.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments