Baca Selengkapnya..Panduan Belajar HTML untuk Pemula

Capaian Pembelajaran Teknik Sepeda Motor SMK Kelas XI – XII (Fase F)

Konsentrasi Teknik Sepeda Motor merupakan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi dalam penguasaan keahlian Teknik Sepeda Motor. Teknologi Otomotif berkembang sama dengan teknologi lainnya seperti Teknologi Digital atau Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknik Sepeda Motor berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Pada perkembangannya Teknik Sepeda Motor menjadi semakin canggih dengan teknologi yang berkaitan dengan Otomotif.

Daftar Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Jenjang SMA/SMK:

  1. Mata Pelajaran Umum:
    1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
    2. Pendidikan Pancasila
    3. Bahasa Indonesia
    4. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
    5. Sejarah
    6. Seni Budaya (Tari)
  2. Mata Pelajaran Kejuruan:
    1. Matematika
    2. Bahasa Inggris
    3. Informatika
    4. Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
    5. Dasar Program Keahlian:
      1. Agribisnis Tanaman
      2. Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
      3. Teknik Otomotif
      4. Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim
    6. Konsentrasi Keahlian:
      1. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH)
      2. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
      3. Teknik Sepeda Motor (TSM)

Mata pelajaran Teknik Sepeda Motor dalam Kurikulum Merdeka berada pada fase F untuk menumbuh kembangkan keprofesionalan, minat dan bakat peserta didik pada Program Keahlian Teknik Otomotif dalam penerapan perawatan dan perbaikan serta wirausaha di bidang sepeda motor. Memberikan ruang kreativitas bagi peserta didik yang memiliki hobi modifikasi sepeda motor dan hobi tersebut menjadi peluang usaha bagi peserta didik.

Pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, model, strategi, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik konsentrasi yang dipelajari. Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain Problem Based Learning, Inquiry Based Learning, Discovery Based Learning, Teaching Factory, atau model pembelajaran lainnya yang relevan. Proses pembelajaran diharapkan dapat dilaksanakan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, passion, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Mata pelajaran ini memiliki kontribusi dalam membentuk kompetensi hard skills, soft skills dan karakter. Peserta didik dididik dan dilatih agar mampu menerapkan cara-cara perawatan, perbaikan dan wirausaha di bidang Sepeda Motor. Kemampuan yang sudah dimiliki peserta didik dapat dijadikan bekal untuk bekerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya dan/atau bekal berwirausaha, sehingga menjadi warga negara yang memiliki kualitas pribadi handal dengan dasar menjunjung tinggi kejujuran, bergotong royong dan mampu bekerja sama, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Baca Juga:  Cara Membuat Kelas Maya (Courses) di Rumah Belajar

Tujuan Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor

Mata pelajaran Teknik Sepeda Motor bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan hard skills maupun soft skills sebagai berikut:

  1. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan engine sepeda motor;
  2. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan sasis sepeda motor;
  3. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan pemindah tenaga sepeda motor;
  4. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan kelistrikan sepeda motor;
  5. memahami teknik perawatan dan perbaikan sepeda motor listrik dan hybrid;
  6. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan engine management system sepeda motor; dan
  7. menerapkan teknik pengelolaan bengkel dan berwirausaha di bidang sepeda motor.

Karakteristik Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor

Pada dasarnya mata pelajaran Teknik Sepeda Motor berfokus pada kompetensi tingkat menengah dan lanjutan yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi sepeda motor sesuai dengan perkembangan teknologi dan dunia kerja. Konsentrasi Teknik Sepeda Motor adalah segala hal yang terkait dengan proses penggunaan, perawatan dan perbaikan alat transportasi kendaraan roda dua sesuai dengan teknologi yang berkembang. Mata pelajaran ini membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi tentang Teknik Sepeda Motor.

Mata pelajaran Teknik Sepeda Motor terdiri dari elemen beserta deskripsinya sebagai berikut.

No.ElemenDeskripsi
1Perawatan dan Perbaikan Engine Sepeda MotorMeliputi: proses perawatan dan perbaikan engine sepeda motor beserta komponen-komponennya secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
2Perawatan dan Perbaikan Sasis Sepeda MotorMeliputi: proses perawatan dan perbaikan sasis sepeda motor dan komponen-komponennya secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
3Perawatan dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga Sepeda MotorMeliputi: proses perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga sepeda motor beserta komponen-komponennya secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
4Perawatan dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor.Meliputi: proses perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan sepeda motor secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
5Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor Listrik dan HybridMeliputi: proses perawatan dan perbaikan sepeda motor listrik dan hybrid secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
6Perawatan dan Perbaikan Engine Management System Sepeda MotorMeliputi: proses perawatan dan perbaikan engine
management system sepeda motor secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek mepeda motor.
7Pengelolaan Bengkel Sepeda MotorMeliputi: proses pengelolaan dan pengembangan teknik serta manajemen perawatan sepeda motor secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.

Capaian Pembelajaran Teknik Sepeda Motor

Pada akhir fase F peserta didik memahami Perawatan dan Perbaikan Engine Sepeda Motor, Perawatan dan Perbaikan Sasis Sepeda Motor, Perawatan dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga Sepeda Motor, Perawatan dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor, Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor Listrik dan Hybrid, Perawatan dan Perbaikan Engine Management System Sepeda Motor, dan Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor.

Baca Juga:  Download Format Penilaian Kinerja Wakil Kepala Sekolah
No.ElemenDeskripsi
1Perawatan dan Perbaikan Engine Sepeda MotorPada akhir fase F, peserta didik mampu mendiagnosis gangguan atau kerusakan pada engine sepeda motor meliputi komponen utama engine, sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem bahan bakar dan melakukan tindakan tepat dalam mengatasi gangguan atau kerusakan secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
2Perawatan dan Perbaikan Sasis Sepeda MotorPada akhir fase F, peserta didik mampu mendiagnosis gangguan atau kerusakan pada sasis sepeda motor beserta komponen-komponennya diantaranya sistem rem, sistem kemudi, suspensi, rangka, pelek, ban, dan melakukan tindakan tepat dalam mengatasi gangguan atau kerusakan secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
3Perawatan dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga Sepeda MotorPada akhir fase F, peserta didik mampu mendiagnosis gangguan atau kerusakan pada sistem pemindah tenaga sepeda motor beserta komponen-komponennya diantaranya sistem kopling, sistem transmisi, sprocket dan rantai penggerak roda belakang serta dapat melakukan tindakan tepat dalam mengatasi gangguan atau kerusakan secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
4Perawatan dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor.Pada akhir fase F, peserta didik mampu mendiagnosis gangguan atau kerusakan pada sistem kelistrikan sepeda motor diantaranya sistem pengapian, sistem pengisian, motor starter, sistem penerangan, sistem pengaman (alarm), sistem instrumen dan sinyal serta melakukan tindakan tepat dalam mengatasi gangguan atau kerusakan secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
5Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor Listrik dan HybridPada akhir fase F, peserta didik mampu memahami gangguan atau kerusakan pada sepeda motor listrik dan hybrid serta memahami tindakan tepat dalam mengatasi gangguan atau kerusakan secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
6Perawatan dan Perbaikan Engine Management System Sepeda MotorPada akhir fase F, peserta didik mampu mendiagnosis gangguan atau kerusakan pada engine management systemsepeda motor diantaranya sistem pengaliran bahan bakar dan sistem kontrol elektronik serta melakukan tindakan tepat dalam mengatasi gangguan atau kerusakan secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merek sepeda motor.
7Pengelolaan Bengkel Sepeda MotorPada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan pengelolaan, pengembangan teknik dan manajemen perawatan sepeda motor serta menciptakan budaya kerja industri sesuai teknologi dan informasi yang berkembang.

Sumber: Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 33 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments