Cara Migrasi Blogger ke WordPress dengan Mudah

Salah satu alasan kenapa saya melakukan migrasi dari platform blogger ke WordPress adalah banyak fitur dan plugin yang tersedia, sehingga memudahkan kita untuk melakukan optimalisasi sesuai dengan yang kita butuhkan. Alasan lain yaitu dari segi tampilan atau interface, WordPress lebih menarik dan mudah digunakan. Contohnya untuk menambahkan tabel dalam sebuah postingan, tidak perlu mengetik tag html untuk membuat tabel seperti pada blogger, cukup dengan memilih table pada block > formatting > table, lalu memasukkan jumlah kolom dan baris yang kita inginkan.

migrasi blogger ke wordpress

Dengan melakukan migrasi Blogger ke WordPress, semua konten yang ada di blogger mulai dari postingan dan halaman serta komentar dapat diahlikan ke platform baru yaitu WordPress, tanpa harus kehilangan trafik blog maupun pengunjung.

Baca juga:

Syarat Migrasi Konten Blogger ke WordPress

Tapi tunggu dulu, untuk menggunakan platform WordPress[dot]Org, harus diperhatikan beberapa persyaratan wajib agar proses migrasi berhasil, berikut syarat-syaratnya:

  • Registrasi domain dan hosting, bukan pakai yang gratisan seperti di Blogger ya. Belum punya? Klik di sini.
  • Jika syarat pertama dipenuhi, lanjut instalasi WordPress ke hosting kita, caranya simak di sini.
  • Install dan aktifkan plugin Blogger Importer. Alternatif lain dapat menggunakan plugin Blogger Importer Extended. Beda antara kedua plugin ini adalah:
    • Plugin Blogger Importer: import categories, import posts (published, scheduled and draft), import comments (not spam), import Images
    • Plugin Blogger Importer Extended: import post, import pages, import tags/labels, import comments, import images, import links, import/assign authors, convert formatting, preserve slugs
  • Install dan aktifkan plugin Blogger to WordPress, fungsinya untuk melakukan redirection dari url lama yang dihosting pada Blogger ke alamat url baru pada WordPress

Langkah-langkah Migrasi Konten Blogger ke WordPress

Baiklah, sekarang kita masuk ke pembahasan yaitu cara migrasi konten Blogger ke WordPress dengan mudah dan aman, tanpa harus kehilangan pengunjung. Berikut caranya:

Langkah migrasi #1, Export konten pada blogger

Langkah pertama dalam proses migrasi konten dari Blogger ke WordPress adalah membackup atau mengexport konten blogger dalam bentuk file .xml dengan cara:

login ke akun blogger > settings > others > back up content > save to your computer

migrasi blogger ke wordpress

Langkah migrasi #2, Import konten Blogger ke WordPress

Jika proses export atau back up berhasil, sekarang lanjut ke langkah 2 yaitu import konten blogger ke WordPress dengan cara:

login ke akun WordPress > Tools > Import > Run Importer > Choose File > Upload file and import.

migrasi blogger ke wordpress

Tunggu beberapa saat sampai proses import selesai.

Langkah migrasi #3, Mengatur struktur permalink

Permalink merupakan bagian dari SEO yang tidak boleh diabaikan, untuk itu kita harus menyamakan struktur permalink antara platform Blogger dan WordPress agar tidak kehilangan indeks Google. Kalau di blogger struktur permalink secara default berdasarkan bulan dan tahun terbit lalu diikuti nama atau judul konten blog. Sedangkan untuk platform WordPress, kita bisa mengatur struktur permalink dengan banyak pilihan bahkan bisa dicustom sendiri, seperti gambar berikut:

migrasi blogger ke wordpress

Untuk mengatur permalink pada WordPress agar sama dengan Blogger dapat dilakukan dengan cara:

Settings > Permalinks > pilih Month and name > Save Changes

Langkah migrasi #4, Mengatur pengalihan (redirection)

Untuk mengatur proses redirection atau pengalihan dari domain lama pada Blogger ke domain baru pada WordPress, perlu plugin tambahan yaitu Blogger to WordPress. Install dan aktifkan plugin tersebut lalu lakukan langkah redirection berikut ini:

Pada WordPress: Tools > Blogger to WordPress Redirection > Klik Start Configuration > pada List of Blogs klik Get Code > Copy code template

migrasi blogger ke wordpress
migrasi blogger ke wordpress

Pada Blogger: Themes > Edit html > Paste code template > Save theme

migrasi blogger ke wordpress

Buka kembali halaman Blogger to WordPress Redirection lalu klik Verify Configuration

Langkah Migrasi #5, Mengatur pengalihan RSS Feed

RSS Feed juga harus kita alihkan ke WordPress dengan cara:

Dashboard Blogger > Settings > Other > Isikan alamat RSS Feed pada
“Post Feed Redirect URL” > Save settings

cara migrasi blogger ke wordpress

Demikian tutorial singkat cara migrasi konten Blogger ke WordPress dengan mudah, semoga dapat membantu.

Leave a Reply