Baca Selengkapnya..Panduan Belajar HTML untuk Pemula

Instalasi Aplikasi Windows di Linux Menggunakan PlayonLinux

Advertisement

Mungkin bagi user pemula yang baru pindah ke sistem operasi berbasis open source seperti Linux masih sangat awam dan belum terbiasa dengan aplikasi bawaan sistem operasi ini. Tentunya butuh waktu penyesuaian dengan aplikasi-aplikasi bawaan distro Linux. Kita ambil contoh untuk aplikasi office yang ada di sistem operasi Linux seperti LibreOffice, secara fungsi sebagian besar kurang lebih sama, tetapi untuk interface menurut saya pribadi lebih enakan menggunakan aplikasi Microsoft Office. Selain itu kita perlu tahu aplikasi sejenis yang ada di Linux dengan aplikasi yang terdapat pada sistem operasi Windows serta perlu waktu untuk belajar lagi. Hal ini tentu menjadi bahan pertimbangan bagi user untuk pindah ke sistem operasi Linux

Jika masih belum bisa move on dengan aplikasi yang ada di Windows tetapi pengen nyoba sistem operasi berbasis Linux tentu kita harus mencari solusi akan hal ini. Pertanyaannya apakah bisa kita menjalankan aplikasi Windows pada sistem operasi Linux? Setelah browsing sana sini ternyata jawabannya BISA, yaitu dengan bantuan aplikasi yang dinamakan Playonlinux.

Instalasi PlayonLinux

Playonlinux adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menginstall dan menjalankan perangakat lunak maupun game yang ada di sistem operasi Windows. PlayonLinux dapat berjalan pada sistem operasi Linux, MacOS, maupun freeBSD dan dibuat menggunakan bahasa pemrograman Phyton.

Untuk menjalankan aplikasi PlayonLinux di sistem operasi Linux gunakan perintah berikut pada terminal/konsole (pada contoh ini saya menggunakan Manjaro LInux):

Selain menggunakan konsole, aplikasi PlayonLinux juga dapat diinstall melalui fitur Add/Remove Software yang disediakan oleh pihak ketiga yaitu komunitas user Arch (Arch User Repository). Untuk menginstall PlayonLinux melalui pihak ketiga ini, aktifkan terlebih dahulu konfigurasi AUR, pelajari caranya di sini.

Jalankan plikasi Windows di PlayonLinux

Jika aplikasi sudah berhasil diinstall, sekarang kita akan masuk ke cara instalasi dan menjalankan software Windows dengan PlayonLinux di sistem operasi Linux. Untuk proses instalasi kita bagi ke dalam dua jenis, list installation dan manual installation:

List Installation

Cara pertama ini digunakan jika aplikasi Windows yang ingin di install terdapat pada list aplikasi PlayonLinux. Berikut tahapan instalasinya:

#1 Pertama terlebih dahulu kita jalankan aplikasi PlayonLinux, lalu klik Install a program

Jalankan plikasi Windows di PlayonLinux

#2 PlayonLinux akan melakukan update aplikasi Windows, jika berhasil akan muncul menu aplikasi berdasarkan kategori diantaranya ada Games, Internet, dan Office.

#3 Selanjutnya pilih aplikasi Windows yang akan diinstall di PlayonLinux, pada contoh ini saya menggunakan Picasa 3.9, lalu klik Install

#4 Muncul kotak dialog Installation Wizard, silakan klik Next

#5 Masih pada kotak dialog installation wizard, klik Next

Jalankan plikasi Windows di PlayonLinux

#6 Installation method pilih Use a setup file in my computer, jika aplikasi terdapat pada drive komputer

#7 Cari file aplikasi pada drive komputer, lanjutkan dengan mengklik Open

#8 Lanjutkan dengan mengklik Next

#9 Ikuti saja instruksi yang diminta, semisal diminta download wine, wine mono installer (untuk aplikasi yang membutuhan .NET Framework) atau wine gecko installer (untuk optimalisasi aplikasi web browser).

Jalankan plikasi Windows di PlayonLinux

#10 Abaikan pesan error ini dengan mengklik Next

#11 Sekarang masuk ke proses instalasi, tunggu sampai proses instalasi aplikasi selesai

#12 Test aplikasi apakah bisa berjalan atau tidak

Aplikasi sudah berhasil diinstall di PlayonLinux

Manual Installation

Cara kedua kita pilih jika aplikasi yang ingin diinstall tidak terdapat pada list aplikasi PlayonLinux. Simak panduannya berikut ini:

#1 Pada halaman utama PlayonLinux, klik Install, lanjutkan dengan mengklik Install a non-listed program yang terletak di pojok kiri bawah

#2 Kotak dialog installation klik Next

#3 Pilih Install a program in a new virtual drive

#4 Tuliskan nama aplikasi untuk membuat virtual drive di PlayonLinux

#5 Lewati tahapan ini dengan mengklik tombol Next

#6 Pilih aplikasi Windows yang ingin diinstall, contoh ini menggunakan aplikasi audio player AIMP

#7 Abaikan pesan error ini dengan mengklik tombol Next

#8 Selanjutnya diarahkan ke prosedur instalasi seperti biasa dengan mengklik tombol Next sampai selesai

#9 Sekarang kita coba aplikasinya apakah dapat berjalan di PlayonLinux

#10 Terakhir memilih icon dan nama aplikasi yang ingin ditampilkan pada halaman utama PlayonLinux

Aplikasi sudah berhasil diinstall di PlayonLinux

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments