Download! Download eBook tingkat SMP, SMA, & SMK

Cara Install Aplikasi Pihak Ketiga (AUR) di Linux Manjaro

Advertisement

Pada postingan kali ini kami ingin berbagi tips bagi user pemula yang baru hijrah atau ingin mencoba sistem operasi Linux Manjaro tetapi kesulitan menginstall software atau aplikasi yang tidak disediakan oleh repositori utama.

Manjaro sendiri merupakan sistem operasi open source berbasis Arch Linux, sehingga cara ini bisa dipakai untuk semua turunan Arch Linux selain Manjaro.

Baca juga:

Di Manjaro (termasuk semua turunan Arch Linux yang lain) selain dapat menginstall aplikasi melalui repositori utama, user atau pengguna juga dapat menginstall aplikasi melalui AUR (Arch User Repository). AUR merupakan repositori berbasis komunitas (pihak ketiga) yang menyediakan paket atau aplikasi yang tidak tersedia di repositori resmi.

Untuk menginstall aplikasi yang tidak tersedia di repositori utama, kita dapat mengaktifkan fitur AUR melalui pengaturan Add/Remove Software, simak langkah-langkahnya berikut ini:

#1 Pada Panel, cari setting > Add/Remove Software

Install aplikasi pihak ketiga di Manjaro

#2 Terdapat beberapa tab menu seperti Browse, Installed, Updates, dan di bagian pojok atas kanan ada garis 3 silakan diklik lalu pilih Preferences

Install aplikasi pihak ketiga di Manjaro

#3 Pada menu tersebut terdapat tiga tab menu yaitu General, Advanced, dan Third Party. Untuk konfigurasi AUR silakan klik Third Party lalu aktifkan Enable AUR Support, Check for updates, dan Check for development packages updates

Install aplikasi pihak ketiga di Manjaro

#4 Sekarang repositori pihak ketiga sudah aktif. Untuk mencari aplikasi yang ingin diinstall di Manjaro, silakan klik gambar lensa (search) di pojok kiri atas, lalu pilih AUR. Masukkan kata kunci pada kotak pencarian. Kita ambil contoh install aplikasi WPS Office 2019 dari repo utama dan repo pihak ketiga (AUR).

Baca Juga  Menghitung Subnetting Jaringan dengan Metode Lingkaran (Circle Method)
Install aplikasi pihak ketiga di Manjaro
Cari Aplikasi WPS di repositori utama (tidak ditemukan)
Install aplikasi pihak ketiga di Manjaro
Cari aplikasi WPS di AUR (ditemukan)

Detail aplikasi silakan klik nama aplikasi, jika ingin install klik tombol panah > apply > apply. Tunggu proses instalasi selesai.

Demikian tips singkat cara install aplikasi melalui pihak ketiga (AUR) di Linux Manjaro.

5 1 vote
Article Rating
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
22 days ago

[…] Baca juga: Cara Install Aplikasi Pihak Ketiga (AUR) di Linux Manjaro […]