Jenis-jenis Polimer

Polimer merupakan molekul besar yang terbentuk dari molekul-molekul kecil yang terangkai secara berulang. Molekul-molekul kecil penyusun polimer disebut monomer. Reaksi pembentukan polimer disebut reaksi polimerisasi

Jenis Polimerisasi

Polimerisasi dibagi ke dalam dua jenis yaitu polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi. Berikut penjelasannya:

Polimerisasi Adisi

Polimerisasi adisi adalah polimer yang terbentuk melalui reaksi adisi dari berbagai monomer

Contoh polimer adisi:
jenis karbohidratYang termasuk ke dalam polimer adisi adalah polistirena (karet ban), polietena (plastik), poliisoprena (karet alam), politetraflouroetena (teflon), PVC, dan poliprepilena (plastik).

Polimerisasi Kondensasi

Polimerisasi kondensasi adalah polimer yang terbentuk karena monomer-monomer saling berikatan dengan melepaskan molekul kecil.

Contoh: pembentukan plastik stirofoam tersusun dari dua monomer berbeda yaitu urea dan metanal. Dua molekul metanal bergabung dengan satu molekul urea menjadi suatu molekul disebut dimer. Dimer-dimer ini selanjutnya berpolimerisasi.
jenis karbohidratYang termasuk ke dalam polimer kondensasi adalah bakelit, poliuretan, poliamida, (melamin), poliester (nilon), teteron, dan protein.

Perbedaan antara polimerisasi adisi dan kondensasi adalah bahwa pada polimerisasi kondensasi terjadi pelepasan molekul kecil seperti H2O dan NH3, sedangkan pada polimerisasi adisi tidak terjadi pelepasan molekul.

Baca juga:

Penggolongan Polimer

Berdasarkan Asal Polimer

Berdasarkan asalnya, polimer dibagi ke dalam dua jenis yaitu:

  • Polimer alam adalah polimer yang tersedia secara alami di alam. Contoh: karet alam (dari monomer-monomer 2-metil-1,3-butadiena/isoprena), selulosa (dari monomer-monomer glukosa), protein (dari monomer-monomer asam amino), amilum
  • Polimer sintetik adalah polimer buatan hasil sintetis indukstri/pabrikan. Contoh: nilon (dari asam adipat dengan heksametilena), PVC (dari vinil klorida), polietilena, poliester (dari diasil klorida dengan alkanadiol)

Berdasarkan Jenis Monomer

Berdasarkan jenis monomer, polimer dibagi ke dalam dua jenis yaitu:

  • Homopolimer adalah terbentuk dari monomer-monomer sejenis. Contoh: polisterina, polipropilena, selulosa, PVC, teflon.
  • Kopolimer adalah terbentuk dari monomer-monomer yang tak sejenis. Contoh: nilon 66, tetoron, dakron, protein (dari berbagai macam asam amino), DNA (dari pentosa, basa nitrogen, dan asam fosfat), bakelit (dari fenol dan formaldehida), melamin (dari urea dan formaldehida)

Berdasarkan Penggunaan Polimer

Berdasarkan penggunaannya, polimer dibagi ke dalam dua jenis yaitu:

  • Serat adalah polimer yang dimanfaatkan sebagai serat. Misalnya: untuk kain dan benang. Contoh: poliester, nilon, dan dakron.
  • Plastik adalah polimer yang dimanfaatkan untuk plastik. Contoh: bakelit, polietilena, PVC, polisterina, dan polipropilena.

Berdasarkan Sifatnya terhadap Panas

Berdasarkan sifatnya terhadap panas, polimer dibagi ke dalam dua jenis, yaitu:

  • Polimer termoplas/termoplastis adalah polimer yang melunak ketika dipanaskan dan dapat kembali ke bentuk semula. Contoh: PVC, polietilena, polipropilena
  • Polimer termosetting adalah polimer yang tidak melunak ketika dipanaskan dan tidak dapat kembali ke bentuk semula. Contoh: melamin, selulosa

Beberapa polimer disajikan dalam tabel berikut:

jenis polimer

Demikian penjelasan tentang jenis-jenis polimer yang digolongkan ke dalam beberapa kelompok/jenis.

11 thoughts on “Jenis-jenis Polimer”

  1. Anonim says:

    hasil scan ug g bisa dilihat dengan jelas? pripun niku? DA

  2. MyBlog says:

    biar lebih jelas, gambarnya di klik aja ya..

  3. dijesela says:

    terima kasih ..
    infonya sangat ,membantuuuuu 😀

  4. Dewi Isn says:

    keren banget blog-nya mas,kimia itu menyenangkan,tapi tergantung cara penyampaiannya sih ya.:)

  5. Olive Ridley says:

    Bener banget Mba Dewi, kimia sangat dekat dengan kehidupan manusia. salah penyampaian membuat ilmu kimia jd tidak menarik dan menoton sehingga kurang memotivasi siswa untuk lebih tau banyak tentang ilmu kimia.

  6. Copas 4 islam says:

    Assalamualaikum 😀 walaupun saya ga begitu ngerti kimia,, tapi saya suka,, kalo ada artikel untuk membuat pembersih lantai kasih tau saya ya 😀

  7. Rino Safrizal says:

    @ Copas 4 Islam: Terima kasih, akan sy konfirmasi nanti.

  8. Ary_Putra says:

    g paham aku bang soal kimia. hehehe
    blognya penuh educatif sekali nih. keep posting bang.

  9. Rino Safrizal says:

    @ Ary_Putra: Terima kasih Mas..

  10. silent says:

    Mau dapat gem line play, gem Clash of Clans, diamond get rich, diamond hay day, dan masih banyak lagi dengan mudah tanpa survey,root,hack? Ini caranya

    1.Cari dan Download aplikasi WHAFF Rewards di playstore atau app store

    2.Instal, dan buka aplikasi tersebut

    3.Login dengan meggunakan akun facebook.

    4.Masukan kode invitation berikut AK92284 Download dan mainkan aplikasi yang tersedia untuk mendapatkan dolar secara gratis.

    5.Kumpulkan hingga saldo anda mencapai $12

    6.Tukarkan saldo tersebut dengan Google Play Gift Cards(bisa buat stiker line,Clash of Clans,get rich,semua game di playstore), dll.

    7.Redeem kodenya di playstore (domisili harus United States)

    8.Nikmati hasil jerih payah agan :). Bukan cuma google gift card tapi masih banyak lagi gift card yg bisa agan tuker contoh : paypal,steam,itunes,facebook,amazon

    Jangan lupa share lagi tips dan trick yg berguna ini ya. Gue sendiri udah 7 kali payout. Banyak yg bilang kodenya premium jangan langsung percaya.

    ~Jangan cepat menyerah, semangat~

Leave a Reply