Baca Selengkapnya..Panduan Belajar HTML untuk Pemula

Konfigurasi Web Mail Server pada Sistem Operasi Linux

Advertisement

1. Pengertian Web Mail Server

Web mail server adalah sarana yang memungkinkan user dapat mengakses e-mail melalui web dalam kata lain web mail server adalah interfaces dengan kata lain sebuah e-mail yang berada di dalam web sehingga jika membuka e-mail tersebut kita harus membuka web terlebih dahulu dengan koneksi internet dan ini berbasis webmail bisa diakses menggunakan web browser internet explorer, firefox dan opera, google crome, safari, netcape dan lain-lain.

Saya sarankan sebelum mempraktekkan tutorial ini, alangkah baiknya pelajari terlebih dahulu instalasi dan konfigurasi DNS server yang dapat di baca di sini, karena konfigurasinya saling berhubungan.

2. Manfaat web mail

Manfaat menggunakan web mail ialah bisa nyaman untuk mengirim surat, tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan dan Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Selain itu pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.Web mail pastinya sudah sangat dikenal dan digunakan banyak orang di dunia ini. Dengan web mail kita dapat saling berkirim email dengan teman, atau ke alamat email tertentu. Selain mengirim email dalam bentuk teks, kita juga dapat mengirim email berupa file, dll. Dengan web mail kita bisa berkirim dan menerima email dengan siapapun, kita juga bisa mengirim email dalam bentuk teks dan lain-lain.

Baca juga:

3. Pengenalan SquirrelMail

SquirrelMail merupakan salah satu web mail yang menghasilkan HTML 4.0 valid untuk presentasi, sehingga kompatibel dengan kebanyakan browser web saat ini. Web mail SquirrelMail menggunakan arsitektur plugin untuk mengakomodasi fitur tambahan seputar aplikasi inti, dan lebih dari 200 plugin tersedia di situs web SquirrelMail.

SquirrelMail merupakan perangkat lunak berbasis open source yang tunduk pada persyaratan GNU/General Public License (GPL) versi 2. SquirrelMail web mail disertakan dalam repositori yang banyak tersedia dalam varian linux dan diunduh secara bebas oleh puluhan ribu Orang setiap bulan.

Advertisement

4. Instalasi dan Konfigurasi Web Mail Server

#1 Install layanan postfix, courier-imap, courier-pop, squierrmail, dan dovecot dengan perintah berikut:

[/crayon]

#2 Konfigurasi file main.cf pada direktori /etc/postfix dengan perintah berikut:

[/crayon]

Sesuaikan konfigurasi dan tambahkan script home_mailbox = Maildir/ pada baris paling bawah seperti berikut ini:

[/crayon]
Instalasi dan konfigurasi web mail server pada linux

#3 Konfigurasi file forward yang berada pada direktori /var/cache/bind/ dengan perintah berikut:

[/crayon]

Jika file forward tidak tersedia, lakukan instalasi dan konfigurasi DNS server yang dapat di pelajari di sini.

Tambahkan konfigurasi berikut:

Advertisement
[/crayon]

Pastikan konfigurasi file forward seperti berikut ini:

Instalasi dan konfigurasi web mail server pada linux

#4 Membuat mail direktori yang berfungsi sebagai direktori inbox. Pesan yang masuk nantinya akan disimpan sementara dalam direktori tersebut. Agar direktori ini otomatis dibuat pada direktori home setiap user, maka harus dibuat pada direktori /etc/skel/ dengan perintah berikut.

[/crayon]

#5 Konfigurasi web mail server dengan membuka file 000-default.conf pada direktori /etc/apache2/sites-available/ dengan perintah berikut:

[/crayon]

Tambahkan ServerName dengan sub domain yaitu mail.rinosafrizal.com, kemudian arahkan direktori penyimpanan website squirrel mail ke direktori usr/share/squirrelmail, dengan meletakkan konfigurasi berikut pada baris paling bawah

Pastikan script file 000-default.conf seperti pada gambar di bawah ini:

Instalasi dan konfigurasi web mail server pada linux

#6 Konfigurasi file dovecot.conf pada direktori /etc/dovecot/ dengan perintah berikut:

Advertisement
[/crayon]

Lalu tambahkan script berikut pada baris paling bawah (perhatikan penulisan huruf besar/kecil dan karakter)

[/crayon]

#7 Restart layanan postfix, bind9, apache2, dan dovecot dengan perintah berikut:

[/crayon]
Instalasi dan konfigurasi web mail server pada linux

5. Pengujian Web Mail Server

Lakukan pengujian melalui web browser seperti opera, firefox, maupun crhome dengan memasukkan alamat url berikut: http://mail.rinosafrizal.com

Jika halaman tidak ditemukan, konfigurasi DNS server dengan perintah berikut:

[/crayon]

Ketikkan:

[/crayon]

Jika berhasil maka akan muncul halaman utama web mail server dari SquirrelMail. Gunakan name/user dan password yang digunakan untuk login ke OS linux.

Advertisement
Instalasi dan konfigurasi web mail server pada linux

Jika setelah login berhasil ditemukan pesan error, silakan cek konfigurasi dovecot.conf. Pastikan konfigurasi mail_location = maildir:~/Maildir
ada dan/ ditulis dengan benar.

Instalasi dan konfigurasi web mail server pada linux

Restart kembali layanan dovecot dengan perintah berikut:

[/crayon]
Instalasi dan konfigurasi web mail server pada linux

Demikian tutorial singkat instalasi dan konfigurasi web mail server pada sistem operasi Linux Mint 18.1 Serena. Semoga tutorial ini dapat membantu sobat.

* Konten ini dibuat sebagai hasil dari kegiatan Program Keahlian Ganda Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang dilaksanakan tanggal 13 Maret s.d 12 Mei 2017 di Pusat Belajar SMK Negeri 1 Ngabang Kalimantan Barat.

** Materi diambil dari berbagai sumber, salah satunya Modul E Guru Pembelajar Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan oleh Priyo Adi Nugroho, S.T., M.T

Thumbnail: People vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Advertisement
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments