Download! Download eBook tingkat SMP, SMA, & SMK

Cara Membuat Kelas Maya (Courses) di Rumah Belajar

Advertisement

Di masa pandemi virus Corona yang telah terjadi di Indonesia pada awal Maret 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19 dimana salah satu isinya adalah menginstruksikan setiap satuan pendidikan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau daring (dalam jaringan). Hal ini dilakukan sebagai langka preventif atau pencegahan serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah dengan cara mengurangi dan/atau bahkan meniadakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan siswa atau warga sekolah.

Baca juga:

Dengan terbitnya surat edaran tersebut, sekolah wajib untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah atau daring dengan memanfaatkan media belajar e-learning. Salah satu media belajar berbasis e-learning adalah Portal Rumah Belajar yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Portal ini dibuat dalam rangka mendukung proses belajar mengajar jarak jauh atau daring. Dalam portal Rumah Belajar terdapat berbagai macam fitur pembelajaran salah satunya adalah Kelas Maya atau Kelas Digital.

Kelas Maya adalah sebuah media atau sarana dimana kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan degan cara tatap muka langsung antara siswa dan guru melainkan melalui courses atau kelas yang sudah dibuat oleh guru.

Membuat Kelas (Courses)

Pada konten kali ini, kami akan menyajikan cara membuat kelas (courses) di portal Rumah Belajar. Simak panduannya berikut ini.

  • Kunjungi halaman Rumah Belajar Kemdikbud, klik di sini;
Halaman utama Kelas Maya
  • Login ke menu Kelas Digital sebagai guru atau penyenggara. Selanjutnya akan dialihkan ke halaman Beranda atau Dashboard;
Halaman beranda Kelas Maya
  • Pada halaman beranda, klik tombol Tambahkan Kelas, lalu isikan informasi berikut:
    • Judul Kelas, isi dengan nama kelas maya. Misalnya kelas yang akan dibuat adalah mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Kelas XI, maka judul kelas dapat diisi dengan XI TLJ. Judul seperti ini tentu banyak guru yang menggunakan sehingga siswa akan mengalami kesulitan pada saat masuk (enroll) ke Kelas Maya tersebut. Untuk itu dapat dirinci dengan menambahkan karakter atau kata sehingga menjadi XI TLJ Kompetensi 3.3 (Angka 3.3 diambil dari nomor kompetensi untuk mapel Teknologi Layanan Jaringan pada KI-KD SMK Teknik Komputer dan Jaringan).
    • Deskripsi Singkat. Isi dengan nama guru pengampu. Kolom ini fungsinya untuk memberikan penegasan kepada siswa bahwa kelas maya yang dibuat adalah benar guru dimana siswa tersebut sekolah, karena masih terdapat siswa yang salah masuk atau pilih kelas (courses). Dapat juga ditambahkan dengan nama sekolah;
    • Deskripsi. Isi dengan materi/submateri atau dapat juga disi dengan kompetensi dasar/subkompetensi. Pada contoh ini maka yang diisikan adalah kompetensi dasar 3.3 pada KI-KD TKJ mapel TLJ;
    • Kategori. Pilih mata pelajaran untuk kelas yang dibuat;
    • Kelas. Cukup jelas.
    • Tanggal Mulai & Tanggal Selesai. Untuk menentukan tanggal mulai dan selesai sesuaikan jumlah submateri /subkompetensi dengan jumlah Kegiatan Belajar. Satu Kegiatan Belajar sama dengan 1 minggu dan minimal memiliki satu modul. Pada contoh kelas maya ini terdapat 6 subkompetensi atau sama dengan 6 modul. Jika 1 Kegiatan Belajar (1 minggu) ekuivalen dengan 2x tatap muka (3 jam per tatap muka), maka setiap Kegiatan Belajar terdapat 2 buah modul, sehingga untuk menyelesaikan 6subkompetensi (6 modul) pada kelas maya ini dibutuhkan 3 Kegiatan Belajar atau 3 minggu. Jika tanggal mulai diset 12 April maka tanggal selesai diset 2 Mei.
    • Kata Kunci. Digunakan siswa untuk masuk ke Kelas Maya. Buat kata kunci yang terkait dengan judul kelas maya, misalnya XITLJK3.3.
Halaman pengaturan Kelas (Course)
  • Terakhir klik tombol Simpan, hasilnya seperti gambar berikut
Tampilan Kelas (Course)
  • Lakukan pengaturan lebih lanjut, klik Lihat Detail. Isi informasi tambahan pada kolom yang telah disediakan mulai dari Gambar Ilustrasi, Tujuan, Sasaran Siswa, persentase nilai Forum sampai ke nilai Ujian Akhir. Total bobot sama dengan 100, sedangkan nilai minimum kelulusan dapat diisi dengan nilai KKM.
Pengaturan Kelas (Course)

Sampai pada tahap terakhir di atas, proses pembuatan Kelas (courses) sudah selesai. Selanjutnya adalah menambahkan modul pada masing-masing Kegiatan Belajar.

Menambahkan Modul di Kelas Maya

Untuk menambahkan modul, ikuti panduan berikut ini:

  • Pada Kelas yang akan ditambahkan modul, klik Lihat Detail nantinya akan diarahkan ke halaman Kelola Kelas. Pada halaman Kelola Kelas terdapat 4 (empat) tab menu yaitu Modul, Soal Ujian, Siswa, dan Penilaian
Menambahkan modul di kelas (course)
  • Untuk menambahkan Modul silakan klik tab Modul. Terdapat 3 Kegiatan Belajar dengan durasi 3 minggu sesuai dengan waktu yang diset sebelumnya. Masing-masing Kegiatan Belajar berisi 2 subkompetensi atau 2 modul
Menambahkan modul di Kegiatan Belajar
  • Pada Kegiatan Belajar ke 1 klik Tambah Modul, lalu isi informasi berikut:
    • Nama Modul diisi dengan subkompetensi 1 yaitu Proses Komunikasi Data dengan TCP/IP Protocol
    • Durasi Jam diisi angka, misalnya 3 (3 jam tatap muka)
    • Pada kotak dialog yang besar isikan dengan materi yang sesuai dengan subkompetensi di atas
    • Jika sudah selesai silakan klik Simpan
Mengisi modul di Kegiatan Belajar
  • Untuk melampirkan file atau dokumen, silakan klik edit (gambar pensil) klik kotak Plih atau drop file di sini seperti gambar di bawah ini, lalu klik Simpan.
Menambahkan file pada modul
  • Lakukan cara yang sama untuk menambahkan modul pada Kegiatan Belajar kedua dan ketiga.

Menambahkan Tugas di Kelas Maya

Tunggu update berikutnya…

Featured Image: School vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Leave a Reply