Baca Selengkapnya..Panduan Belajar HTML untuk Pemula

Cara Menambahkan Microsoft Font di Linux Manjaro

Menambahkan Microsoft Font di Linux Manjaro – Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi tips bagi pengguna komputer yang baru hijrah dari sistem operasi Windows ke Linux. Distiribusi LInux Manjaro merupakan salah satu distro turunan Arch dimana terdapat banyak dukungan aplikasi diantaranya adalah Microsoft Font yang hanya tersedia pada Arch User Repository (AUR).



Baca juga, Menambahkan Printer di Linux Manjaro

Pada distro Linux banyak pilihan aplikasi open source yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan kantor seperti LibreOffice, WPS Office, maupun Only Office yang dari segi interface hampir mirip dengan aplikasi Microsoft Office bawaan Windows. Kesemua aplikasi office tersebut dapat kita unduh secara gratis tanpa harus membayar lisensi.

Bagi yang baru migrasi ke Linux tentu masih belum terbiasa dengan tampilan maupun pengaturan aplikasi office yang tersedia di Linux, misalnya untuk kasus membuat list pada LibreOffice tidak dapat dilakukan secara otomatis dengan mengetikkan nomor atau abjad lalu tinggal menekan enter seperti halnya di Microsoft Office. Untuk fungsi sortcut keyboard beberapa diantaranya sama dengan Microsoft Office seperti huruf tebal, miring, dan underline.

Selain perbedaan di atas, terdapat perbedaan lain yaitu variasi font yang belum famiiar digunakan. Jika di Microsoft Office menggunakan font default Calibri, beda halnya dengan LibreOffice yang menggunakan font default Liberation Serif. Kita tidak akan menemukan jenis-jenis font yang umum digunakan pada Microsoft Office seperti Arial, Verdana, Calibri, Cambria, Times New Roman, Tahoma, dll karena kesemua font tersebut harus kita tambahkan terlebih dahulu.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambahkan microsoft font di Linux Manjaro diantaranya menggunakan layanan yay-git (Yet Another Yogut), install paket microsoft font melalui repository AUR, atau custom font dengan cara mendownload font yang terdapat di internet lalu paste ke direktori fonts Linux.

Baca Juga:  Panduan Instalasi Linux di USB Drive

Menambahkan Microsoft Font Melalui Paket Repository AUR

Paket instalasi Microsoft Font di Linux Manjaro hanya tersedia pada repositori AUR sehingga konfigurasi third party software harus diaktifkan terlebih dahulu. Ada banyak jenis paket instalasi Microsoft Font yang terdapat di repositori AUR, jika kalian masukkan kata kunci “ttf-ms-fonts” pada kotak pencarian, maka akan muncul paket instalasi Microsoft Font seperti gambar di bawah ini.

Menambahkan Microsoft Font di Linux Manjaro

Untuk menginstall semua jenis font yang digunakan pada Windows, kalian dapat memilih paket layanan ttf-ms-win10 atau tff-ms-win11. Terdapat lebih dari 140 jenis font pada kedua paket instalasi tersebut. JIka ingin menggunakan beberapa jenis Microsoft Font saja, kalian bisa memilih paket instalasi ttf-ms-fonts yang menyediakan 9 jenis font bawaan Microsoft yaitu Arial, Comic Sans, Courier, Georgia, Impact, Times New Roman, Trebuchet, Verdana, dan yang terakhir Webdings.

Untuk menambahkan Microsoft font melalui paket repository AUR lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka Add/Remove Software yang terdapat pada Linux Manjaro
  • Aktifkan terlebih dahulu layanan pihak ketiga repositori AUR dengan cara klik titik tiga pada pojok kanan atas > Preferences > Masukkan password User > Pilih menu Third Party > Aktifkan Enable AUR Support, Keep build packages, dan Check for updates
Menambahkan Microsoft Font di Linux Manjaro
  • Klik pencarian lalu masukkan kata kunci ttf-ms-fonts
  • Pilih salah satu paket Microsoft Font yang diinginkan, misalnya ttf-ms-win10 > Klik Build lalu Apply
Menambahkan Microsoft Font di Linux Manjaro
  • Tunggu sampai paket instalasi Microsoft Font selesai

Menambahkan Font Tertentu pada Linux Manjaro

Selain cara di atas, kita dapat menambahkan font tertentu yang tidak tersedia baik di office bawaan Linux Manjaro maupun Microsoft Font dengan cara mengunduh font yang tersedia di internet, lalu pindahkan ke direktori /usr/share/fonts/TTF. Misalnya kita ingin menambahkan font family Ubuntu, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Masukkan kata kunci ubuntu font pada google search
  • Pilih salah satu web penyedia font ubuntu misalnya Google Fonts
Menambahkan Microsoft Font di Linux Manjaro
  • Klik tombol Download Family yang terletak di pojok kanan atas
  • Sekarang kita beralih ke terminal, ketikkan perintah-perintah berikut untuk mengekstrak dan memindahkan font Ubuntu ke direktori Fonts Linux:
    • Pindah direktori root ke Download: cd Downloads
    • Pastikan apakah font Ubuntu terdapat pada direktori tersebut: ls
    • Ekstrak file font Ubuntu ke direktori TTF: sudo unzip nama_file.zip -d /usr/share/fonts/TTF
Menambahkan Microsoft Font di Linux Manjaro

Cara Mengecek Font Linux

Untuk melakukan pengecekan font yang sudah ditambahkan dapat langsung membuka direktori di atas atau jalankan tools Tweak pilih fonts.

Cara mengecek Font di Linux Manjaro

Pada bagian Interface text cari jenis font yang sudah ditambahkan sebelumnya.

Cara mengecek Font di Linux Manjaro

Selain itu dapat menggunakan paket layanan Font Manager dengan menginstall terlebih dahulu melalui Add/Remove Software.

Cara mengecek Font di Linux Manjaro

Masukkan jenis font family yang ingin dicek.

cara mengecek font di linux manjaro

Demikian panduan sederhana cara menambahkan microsoft font dan jenis-jenis font tertentu di Linux Manjaro, semoga dapat membantu.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments