Download! Download eBook tingkat SMP, SMA, & SMK

Catatan Pelaksanaan Gladi Bersih UNBK SMK Tahun 2020

Advertisement

  • Hari pertama pelaksanaan Gladi Bersih UNBK tingkat SMK mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris. Semua peserta sudah diarahkan untuk login dan melengkapi identitas Nama dan tanggal lahir serta mengisi token ujian. Pada saat menekan tombol Sumbit semua komputer client muncul halaman Konfirmasi Tes yaitu Logout dengan keterangan “Username Anda sudah pernah melakukan tes ini pada mesin yang berbeda. Silakan hubungi Proktor”. Dengan kendala ini, semua sekolah yang sedang melaksanaan gladi bersih hari pertama diarahkan untuk menghentikan proses gladi sampai maintenance selesai yaitu pukul 12.00. Setelah melewati waktu tersebut, kami mencoba untuk login kembali, ternyata masih tetap mengalami kendala yang sama, sehingga kami memutuskan untuk menghentikan dan mengganti pelaksanaan gladi bersih mapel Bahasa Inggris ke hari Kamis dengan mengisi formulir Pengajuan Pergantian Hari dan dikirim ke HD Provinsi
  • Untuk mengatasi kedala yang terjadi pada hari pertama, di hari kedua dilakukan patching CBT Sync ke versi 12.9.6.2. Hari kedua khusus mapel Keahlian, pengenalan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), dan angket. Sesi pertama dimulai pada pukul 07.30. Sambil menunggu token pusat rilis, kami mengarahkan siswa untuk login dan memasukkan identitas serta tanggal lahir peserta. Saat memasukan token dan menekan tombol Submit, terjadi masalah yang sama dengan hari sebelumnya yaitu semua client muncul halaman Logout. Atas saran proktor dari sekolah lain, peserta diarahkan untuk login kembali dan mengeksekusi saran teman proktor yaitu dengan mencabut kabel LAN yang terhubung ke internet sesaat setelah menekan tombol sumbit, menunggu kurang dari 1 menit lalu memasang kembali kebal LAN tersebut, dan hasilnya Alhamdulillah siswa berhasil masuk ke halaman identitas mata pelajaran dan melaksanakan ujian dengan menekan tombol Mulai. Pada hari kedua ini juga sering terjadi kendala baik di sini server maupun client. Pada sisi server, loading CBT Sync saat beralih dari satu menu ke menu lain memakan waktu lama, hal ini mungkin disebabkan oleh jaringan internet maupun trafik dari server sekolah ke server UNBK pusat yang padat. Dari sisi client, loading yang lama pada server berpengaruh juga terhadap komputer client, sehingga beberapa komputer mengalami loading lama dan pada akhirnya muncul pesan error 502.
  • Hari ketiga dilakukan update manual CBT Sync ke versi 12.9.6.3. Pada hari ketiga khusus untuk simulasi guru yaitu memperkenalkan bentuk soal AKM kepada guru-guru yang ada di sekolah. Instrument AKM yang diperkenalkan pertama kali pada tahun ini terdiri dari berbagai macam bentuk soal diantaranya pilihan benar-salah, isian singkat, checkbox, drag & drop, dan lain-lain. Soal AKM digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terkait dengan literasi dan numerasi
  • Hari keempat merupakan pengganti hari pertama mapel Bahasa Inggris. Pada hari keempat tidak ada masalah yang berarti, hanya saja masih terdapat beberapa komputer client yang mengalami loading lama ataupun error 502.

Demikian catatan singkat terkait dengan pelaksanaan Gladi Bersih UNBK tahun 2020 tingkat SMK. Ditulis dan dipublikasikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk pelaksanaan UBK kedepannya.

Tags:

Leave a Reply