Download! Download eBook tingkat SMP, SMA, & SMK

Mengenal Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Advertisement

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran interaktif yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2011, berisi berbagai macam konten maupun materi edukatif dalam format video dan audio, serta dapat digunakan oleh semua jenjang sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Rumah Belajar tidak hanya menyajikan video pembelajaran, tetapi masih terdapat konten lain yang relevan dengan materi pembelajaran siswa. Adapun konten-konten yang terdapat pada portal Rumah Belajar adalah:

  1. Kelas Digital (Kelas Maya); merupakan salah satu LMS (Learning Management System) seperti halnya Moodle maupun TCExam yang banyak dimanfaatkan untuk pembelajaran interaktif berbasis daring
  2. Sumber Belajar; berisi konten pembelajaran dalam format video, audio, maupun web (teks dan gambar)
  3. Laboratorium Maya; merupakan fasilitas Rumah Belajar yang menyajikan berbagai jenis percobaan sains seperti fisika kimia maupun matematika dalam bentuk simulasi berdasarkan alat, bahan, dan data yang sudah tersedia
  4. Bank Soal; berisi berbagai jenis contoh soal-soal latihan, ulangan, maupun ujian mulai dari jenjang SD sampai dengan SLB. Tidak semua mata pelajaran tersedia di Bank Soal. Soal-soal yang terdapat pada Bank Soal merupakan hasil karya guru-guru yang sudah terdaftar di Rumah Belajar. Kita juga bisa berkontribusi dengan menambah bank soal sesuai dengan mata pelajaran yang kita ampu.
  5. Modul Digital; Berisi modul maupun buku digital dan dapat diunduh untuk digunakan secara offline maupun cetak.

Baca juga:

Berikut kami paparkan secara detail konten yang terdapat pada portal Rumah Belajar.

1. Kelas Digital (Kelas Maya)

Kelas Maya merupakan salah LMS dari Kemdikbud yang berisi

2. Sumber Belajar

Pada menu Sumber Belajar, terdapat beragam konten pembelajaran yang tersedia mulai dari jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Konten yang terdapat pada menu Sumber Belajar berupa format video maupun audio serta web (teks dan gambar).

Konten Video Rumah Belajar
Konten Video Rumah Belajar
Konten Audio Rumah Belajar
Konten Audio Rumah Belajar
Konten Web Rumah Belajar
Konten Web Rumah Belajar

Selain memanfaatkan konten yang tersedia pada Sumber Belajar, kita juga dapat memberikan berkontribusi dengan cara menciptakan atau mmbuat konten dengan cara mengklik menu Tambah Konten (Audio & Video) dan Tambah Web.

Menu tambah konten Rumah Belajar

3. Laboratorium Maya

Pada menu Laboratorium Maya, terdapat berbagai macam lab yang dapat kita sesuaikan dengan materi yang akan kita ajarkan (guru) dan/atau pelajari (siswa). Konten yang tersedia pada menu Laboratorium Maya lebih banyak membahas tentang materi pelajaran matematika, fisika, dan kimia.

Laboratorium Maya Rumah Belajar
Halaman Lab Maya
Halaman Konten Laboratorium Maya
Halaman Lab Maya
Halaman Simulasi Laboratorium Maya

Simulasi praktikum yang terdapat di Laboratorium Maya sangat membantu sekolah yang belum memiliki fasilitas laboratorium lengkap. Dengan lab maya, siswa dapat melakukan percobaan sendiri menggunakan data yang tersedia pada lab tersebut.

3.3. Bank Soal

3.4. Modul Digital

Featured Image: School vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments