Download! Download eBook tingkat SMP, SMA, & SMK

Setting https menggunakan Layanan SSL dari Let’s Encrypt

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi aman (secure) dari HTTP yaitu protokol yang digunakan oleh web server dan web browser untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Protokol http menggunakan port 80 sedangkan https menggunakan port 443. Untuk mengenal dan membedakan kedua protokol tersebut, dapat dilakukan pada saat mengakses suatu halaman website maupun blog apakah berwalan http:// atau https://.

Pengertian SSL (Secure Sockets Layer)

Untuk mengaktifkan protokol https pada website, perlu instalasi SSL melalui control panel hosting seperti cPanel. SSL (Secure Sockets Layer) merupakan teknologi yang berfungsi menjaga koneksi internet tetap aman dan menjaga setiap data sensitif yang dikirim antara dua sistem, mencegah penjahat pelaku kejahatan cyber dalam membaca maupun mengubah informasi yang ditransfer, termasuk kemungkinan data pribadi. Kedua sistem yang dimaksud dapat berupa server dan klien (misalnya, situs web belanja dan browser) atau server ke server (misalnya, aplikasi dengan informasi pribadi atau informasi penggajian).

Baca juga:

Layanan SSL gratis menggunan Let’s Encrypt

Let’s Encrypt merupakan salah satu layanan SSL yang dapat digunakan secara gratis, otomatis, dan terbuka, yang diperuntukkan untuk kepentingan publik. Layanan ini disediakan oleh Internet Security Research Group (ISRG). Layanan Let’s Encrypt dapat diaktifkan pada menu cPanel.

Masa berlaku layanan ini adalah 3 bulan, jika sudah melewati batas waktu tersebut, maka website akan menampilkan pesan seperti berikut.

Setting https menggunakan Layanan Let's Encrypt

Setting Let’s Encrypt melalui cPanel

Jika website atau blog menampilkan pesan di atas, tentunya akan berimbas pada penurunan traffic website, karena visitor cenderung untuk mengklik “Back to safety” dan kemudian akan diarahkan ke pencarian google. Untuk mengatasi masalah di atas, maka sebagai pemilik website wajib untuk memperbaharui layanan SSL melalui control panel hosting (misal cPanel).

Berikut dipaparkan step by step konfigurasi https menggunakan Let’s Encrypt:

#1 Login ke akun cPanel, lalu pilih SLL/TLS pada kolom Security

Setting https menggunakan Layanan Let's Encrypt

#2 Pada halaman SSL/TLS pilih Manage SSL sites

Setting https menggunakan Layanan Let's Encrypt

#3 Selanjutnya pada halaman Manage SSL host, pilih domain/subdomain yang akan kita update atau perpanjang layanan SSL nya lalu pilih Uninstall

Setting https menggunakan Layanan Let's Encrypt

#4 Kembali ke halaman utama cPanel, pilih Let’s Encrypt SSL pada kolom Security, arahkan kursor ke tabel Issue a new certificate, lalu klik “+ issue” pada kolom Action

Setting https menggunakan Layanan Let's Encrypt

#5 Pada tabel “Installing certificate to:..”, pastikan kolom Include? dalam kondisi centang, lalu klik “Issue”

Setting https menggunakan Layanan Let's Encrypt

Berikutnya akan tampil halaman pemberitahuan bahwa proses instalasi sertifikat SSL dari Let’s Encrypt sudah berhasil.

Setting https menggunakan Layanan Let's Encrypt

Domain yang sudah dikonfigurasi dengan layanan SSL tadi akan tampil tabel “Let’s Encrypt SSL, dengan masa aktif sertifikat sampai dengan 10 Desember 2019. Jika masa aktif sertifikat SSL tersebut telah habis, maka dapat diperpanjang dengan cara yang sama.

Setting https menggunakan Layanan Let's Encrypt

Untuk memastikan layanan https sudah diterapkan pada website atau belum, dapat dilihat pada address bar dengan mengunjungi alamat website lalu klik simbol gembok seperti pada gambar berikut.

Setting https menggunakan Layanan Let's Encrypt

Demikian tutorial singkat tentang setting https menggunakan Layanan SSL dari Let’s Encrypt, semoga dapat memberi solusi kepada pembaca.

Thumbnail: Background vector created by rawpixel.com – www.freepik.com

17 total views, 2 views today

Leave a Reply