Troubleshooting Aplikasi CBT UNBK Tahun 2019, Error Code: SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED (VBoxVideoW8.sys)

Pelaksanaan UNBK SMK tahun 2019 tinggal menghitung hari. Tahap pertama yang harus dilakukan oleh seorang Proktor adalah melakukan konfigurasi Virtual Hard disk Drive (VHD) ke dalam aplikasi mesin virtual seperti VirtualBox. Adapun versi VirtualBox yang digunakan untuk memasang VHD UNBK 2019 adalah minimal versi 5.2.22.

Untuk pelaksanaan UNBK SMK tahun 2019 ini saya menggunakan VirtualBox seri terbaru yaitu 6.0.4, seperti yang dilakukan saat pelaksanaan Gladi Bersih UNBK SMK tahun 2019 awal Maret lalu.

Baca juga:

Pada saat menjalankan Virtual Machine melalu aplikasi ExamBrowser, saya mengalami kendala dengan kode error SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED (VBoxVideoW8.sys) seperti berikut ini.

Troubleshooting VHD UNBK 2019

Untuk memecahkan masalah ini, saya mencoba berbagai cara mulai dari mengganti VHD baru, rename VHD, restart server, memindahkan VHD ke direktori lain, dan terakhir mengganti VirtualBox ke versi yang lebih rendah yaitu VirtualBox 5.2.22 dan ternyata BERHASIL.

Kendala seperti ini tidak dicantumkan dalam Buku Pedoman Troubleshooting UNBK 2018, sehingga menurut saya wajib bagi para proktor untuk mendokumentasikan tiap masalah atau kendala yang dihadapi, dan mencari berbagai alternatif solusi sampai permasalahan bisa diatasi, sebelum meminta UNLOCK VHD ke Helpdesk.

Demikian troubleshooting CBT UNBK Tahun 2019, semoga pelaksanaan UNBK SMK yang dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 Maret nanti berjalan dengan tertib dan lancar.

Leave a Reply