Download! Download eBook tingkat SMP, SMA, & SMK

Verifikasi Domain di Google Search Console

Verifikasi domain merupakan langkah penting yang harus dilakukan si empunya blog atau website (baca: situs) agar diketahui oleh mesin pencari seperti Google maupun Bing. Hal ini dianggap penting karena dapat membuktikan eksistensi atau kebenaran pemilik situs itu sendiri.

Jenis-jenis Properti dan Verifikasi Situs Web

Untuk melakukan verifikasi alamat situs, dapat dilakukan dengan dua cara yaitu verifikasi menggunakan properti awalan url dan properti domain. Adapun perbedaan kedua jenis verifikasi adalah sebagai berikut:

  • Properti awalan url hanya mencakup url dengan awalan yang sudah kita pilih atau tentukan misalnya tanpa www atau dengan www, termasuk juga protokol terkait (http/https); sedangkan properti domain mencakup semua subdomain seperti m, www, dan sebagainya, serta berlaku untuk kedua protokol web server (http dan https).
  • Properti awalan url menawarkan banyak jenis metode verifikasi, yaitu file HTML, google analytic, tag HTML, dan google tag manager; sedangkan properti domain hanya menggunakan verifikasi DNS pada penyedia layanan domain dan hosting

Baca juga:

Cara Verifikasi Situs di Google Search Console menggunakan Properti Domain

Verifikasi situs menggunakan properti domain hanya dilakukan pada domain TLD (Top Level Domain), sedangkan untuk domain yang dihost di blogger otomatis muncul pada halaman dashboard webmaster search console.

Berikut langkah-langkah melakukan verifikasi situs menggunakan properti domain:

#1 Kunjungi halaman Google Search Console di alamat https://search.google.com/search-console, atau klik di sini

verifikasi situs menggunakan properti domain

#2 Pilih properti Domain sebelah kanan, lalu masukkan url domain kita, misalnya jejaringkimia.web.id lalu tekan tombol Continue

#3 Selanjutnya masuk ke halaman dashboard properti, lalu pilih Settings >
Ownership verification > Domain name provider

#4 Salin data TXT lalu pastekan di konfigurasi DNS tempat kita mendaftarkan alamat domain. Pada contoh ini saya menggunakan domain jejaringkimia.web.id yang terdaftar di idwebhost.com.

verifikasi situs menggunakan properti domain

#5 Login ke halaman member area pada layanan penyedia domain dan hosting sobat, (di sini menggunakan idwebhost.com), lalu cari konfigurasi atau kelola DNS

verifikasi situs menggunakan properti domain

#6 Pada kolom Hostname isi dengan alamat domain jejaringkimia.web.id, pada kolm type (Jenis Record) pilih TXT, pada kolom Value (Alamat) isi dengan data TXT tadi , selanjutnya klik simpan

verifikasi situs menggunakan properti domain

#7 Langkah terakhir klik tombol VERIFY pada halaman properti Google Search Console

Demikian tutorial singkat cara verifikasi alamat situs di Google Search Console menggunakan properti domain. Semoga bermanfaat.

Thumbnail: Box vector created by rawpixel.com – www.freepik.com

51 total views, 3 views today

Leave a Reply