Baca Selengkapnya..Panduan Belajar HTML untuk Pemula

Cara Mengatasi Wifi Adapter Tidak Terdeteksi pada Debian 11



Pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan panduan singkat tentang cara mengatasi adapter wifi laptop yang tidak terdeteksi pada distro Debian 11. Panduan ini cocok bagi teman-teman yang baru saja menginstall Debian 11. Driver wifi adapter tidak disertakan pada paket instalasi Debian sehingga harus diinstall secara manual terlebih dahulu.

Baca juga:

Untuk kasus ini kami menggunakan laptop Dell Vostro 3000 dengan jenis adapter Qualcom Atheros. Mari kita simak panduan lengkapnya berikut ini.

Persiapan

Untuk mengunduh driver wifi adapter, pastikan komputer atau laptop terhubung ke jaringan internet, bisa menggunakan kabel LAN ataupun tethering USB melalui hp android.

Kedua melalui terminal Debian, cek apakah adapter wifi tersebut tersedia pada komputer atau laptop, atau bisa jadi adapter mengalami kerusakan dan lain sebagainya.

mengatasi wifi adapter debian

Menambahkan tag non-free pada Repository Debian

Driver wifi adapter pada Debian 11 tidak tersedia pada repository utama (main). Hal ini dikarenakan driver tersebut bukan bagian dari Debian atau dikenal dengan istilah non-free. Untuk mengunduh driver tersebut perlu ditambahkan tag non-free pada setiap baris alamat repository Debian.

Tambahkan tag non-free pada tiap baris alamat repo Debian sehingga menjadi seperti berikut ini:

Baca Juga:  Instalasi Aplikasi Windows di Linux Menggunakan PlayonLinux
mengatasi wifi adapter debian

Lakukan pembaharuan repo dengan perintah:

Instalasi Wifi Adapter

Untuk sebagian besar jenis wifi adapter keluaran Intel, instalasinya dapat menggunakan kernel iwlwifi dengan perintah berikut:

mengatasi wifi adapter debian

Karena modul iwlwifi dimuat secara otomatis untuk perangkat yang didukung, masukkan kembali modul ini untuk mengakses firmware yang diinstall dengan perintah:

mengatasi wifi adapter debian

Cek apakah adapter wifi sudah aktif atau belum.

mengatasi wifi adapter debian

Cara di atas ternyata tidak dapat diterapkan untuk jenis adapter Qualcom Atheros seperti yang kami gunakan. Untuk itu, kita perlu tambahkan kembali firmware khusus adapter atheros dengan perintah:

mengatasi wifi adapter debian

Hasil

Setelah melakukan perintah di atas, silakan cek apakah wifi adapter sudah tersedia pada icon network, jika belum restart komputer terlebih dahulu lalu cek kembali. Pastikan wifi adapter sudah terdeteksi.

mengatasi wifi adapter debian

Pengecekan wifi adapter dapat juga dilakukan melalui konsole Debian dengan perintah:

mengatasi wifi adapter debian

Demikian panduan singkat cara mengatasi wifi adapter laptop Dell yang tidak terdeteksi pada distro Debian 11, semoga dapat membantu teman-teman.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments