Baca Selengkapnya..Panduan Belajar HTML untuk Pemula

Download Format Penugasan On Service Training 2 (ON-2) Program Keahlian Ganda 2017

Rate this post

Dalam periode On Service Training (ON-2), peserta keahlian ganda diwajibkan melaksanakan pembelajaran secara mandiri ataupun belajar melalui bimbingan/ pendampingan guru pendamping. Dalam proses pembelajaran ini, ada beberapa tagihan penugasan berupa : 1) menyusun rencana belajar; 2) membuat jurnal belajar peserta; 3) mengerjakan 2 tugas proyek (project work); 4) mengerjakan latihan soal; 5) praktik mengajar; 6) praktik kerja industri; 7) melakukan evaluasi diri.

Koleksi buku pelajaran kurikulum 2013 kompetensi keahlian multimedia, rekayasa perangkat lunak, teknik komputer dan jaringan, klik di sini.

#1 Rencana Belajar Peserta

Rencana belajar dalam periode ON menjabarkan kegiatan pembelajaran masing-masing modul yang menjadi kewajiban belajar pada saat ON. Peserta wajib membuat rencana belajar untuk 2 modul pada ON-2 menggunakan format F-01 yang terdapat pada lampiran 1.

Download format F-01 Rencana Belajar Peserta, klik di sini.

2. Lembar Catatan Pendampingan

Pembelajaran mandiri dengan pendamping menjadi sangat penting dan bermakna dengan apa adanya interaksi antara peserta dan guru pendamping. Sebagai bukti terjadinya interaksi bimbingan diperlukan bukti kehadiran bertemunya kedua belah pihak di sekolah tempat magang berupa lembar catatan pendampingan. Pertemuan peserta dan pendamping minimal 6 kali. Peserta membuat catatan pendampingan menggunakan format F-02 pada lampiran 2.

Download format F-02 Lembar Catatan Pendampingan, klik di sini.

(Update) Download contoh pengisian Lembar Catatan Pendampingan, klik di sini.

#3 Jurnal Belajar Peserta

Jurnal belajar merupakan salah satu tugas yang harus disiapkan oleh para peserta Program Keahlian Ganda. Jurnal belajar merupakan catatan peserta yang berisi tentang proses belajar yang telah dilakukan, yang menggambarkan kinerja peserta Program Keahlian Ganda selama mengikuti ON-2. Manfaatnya adalah untuk mencatat pelaksanaan belajar pada setiap kegiatan pembelajaran. Jurnal belajar juga merupakan salah satu indikator dari subkompetensi profesional dan pedagogik yang harus dimiliki oleh peserta, yaitu mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif. Format jurnal belajar peserta (F 03) dapat dilihat pada lampiran 3.

Baca Juga:  Download Contoh Pengisian Lembar Catatan Pendampingan On Service Training Program Keahlian Ganda 2017

Download format F-03 Jurnal Belajar Siswa, klik di sini.

Download buku pelajaran kurikulum 2013 tingkat SMA semua jurusan, klik di sini.

#4 Tugas Proyek (Project Work)

Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didorong untuk merencanakan, membuat rancangan, melaksanakan, dan melaporkan hasil kegiatan berupa produk dan laporan pelaksanaan proyek. Pada ON-2 peserta harus mengerjakan 2 tugas proyek. Format ringkasan tugas proyek (F-04) dapat dilihat pada lampiran 4.

  • Download format F-04 Tugas Proyek, klik di sini.
  • Download panduan pembuatan laporan tugas proyek, klik di sini (tidak perlu di upload)

Cari tau rumusan kompetensi inti dan kompetensi dasar teknik komputer dan jaringan kurikulum 2013 revisi, klik di sini.

#5 Latihan Soal

Latihan soal dilakukan secara online dan difokuskan pada 2 modul yang dipelajari pada ON-2. Bentuk latihan soal berupa pilihan ganda dengan empat opsi. Jumlah soal tergantung pada karakteristik modul masing-masing.

#6 Praktik Mengajar

Peserta melakukan praktik mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah disusun. Ketika peserta melakukan praktik mengajar guru pendamping mengamati pelaksanaan praktik mengajar tersebut. Instrumen pemilaian RPP (F 5a), instrumen penilaian praktik mengajar (F 5b), instrumen penilaian sikap (F 5c), dan berita acara evaluasi praktik mengajar (F 05) dapat dilihat pada lampiran 5, 6, 7, dan 8.

  • Download format F-05a.b.c Instrumen Penilaian RPP, Praktik Mengajar, dan Penilaian Sikap, klik di sini.
  • Download format F-05 Berita Acara Evaluasi Praktik Mengajar, klik di sini.

#7 Praktik Kerja Industri

Praktik Kerja Industri dilaksanakan dengan maksud memberi pengalaman kepada peserta tentang dunia kerja di industri yang relevan dengan kompetensi keahlian ganda peserta dan dilaksanakan minimal 66 jam. Industri yang akan digunakan peserta harus dikoordinasikan diawal Program Keahlian Ganda oleh dinas pendidikan kota/kabupaten/propinsi dan sekolah magang peserta. Kegiatan Praktik Kerja Industri ditekankan pada pemahaman budaya kerja, manajemen, proses kerja/produksi, dan menganalisis standar kompetensi lulusan yang dibutuhkan oleh industri tersebut. Peserta membuat laporan hasil praktik kerja industri dengan mengisi instrumen dan disahkan oleh pihak industri serta guru pendamping. Ringkasan Praktik Kerja Industri (F 06) dapat dilihat pada lampiran 9.

Baca Juga:  Penguatan Pengalaman Lapangan (On Service Training 2) Program Keahlian Ganda Tahun 2017

Download format F-06 Ringkasan Praktik Kerja Industri, klik di sini.

Download format Laporan Kegiatan Praktik Kerja Industri, klik di sini. (tidak perlu di upload)Belajar instalasi web menggunakan CMS Joomla di komputer lokal (localhost) menggunakan server Xampp dapat baca di sini.

#8 Evaluasi Diri

Evaluasi diri dilakukan secara online pada setiap akhir kegiatan mempelajari modul. Bentuk evaluasi diri berupa kalimat pernyataan dengan empat opsi alternatif jawaban yang menunjukkan tingkat penguasaan peserta terhadap materi di setiap modul.

Rencana belajar, lembar catatan pendampingan, jurnal belajar, ringkasan tugas proyek, berita acara evaluasi praktik mengajar, dan ringkasan praktik kerja industri selanjutnya diunggah ke laman http//keahlianganda.id. Berkas-berkas yang diunggah tidak perlu ditandatangani oleh peserta dan guru pendamping. Namun, berkas (hardcopy) yang dibubuhi tanda tangan peserta dan guru  pendamping wajib dibawa ketika kegiatan IN-2. Demikian juga hardcopy 2 laporan tugas proyek dan 1 laporan praktik kerja industri dibawa ketika IN-2.

Update: Sampai saat ini, web keahlianganda.id belum membuka kelas untuk modul H dan I sehingga tugas-tugas yang mestinya di upload ke web belum bisa dilakukan.

Sumber: Petunjuk Teknis Pengenalan Kompetensi Guru Produktif (ON-1) dan Penguatan Pengalaman Lapangan (ON-2) Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik bagi Guru SMK/SMA (Keahlian Ganda). Juknis Lengkap dapat dilihat di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments